Inilah Strategi Rahasia Timnas Indonesia, Sangat Ampuh Supaya Malam Ini Juara Piala AFF

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280


Malam ini, Indonesia dan Thailand akan saling beradu satu sama lain, walaupun keduanya saling menyimpan strategi menjelang laga leg 2 final AFF Suzuki Cup 2016. Skuat 'Garuda' dan 'War Elephant' akan berduel di Stadion Rajamangala, Sabtu (17/12/2016) malam. Indonesia mempunyai keuntungan keunggulan agregrat 2-1 menjelang laga itu.

Tim besutan Alfred Riedl itu tinggal membutuhkan hasil imbang agar bisa menjadi juara, Thailand wajib menang untuk menjadi juara. Tapi, Zico --sapaan akrab Kiatisuk-- tak mau menegaskan apakah tim asuhannya akan langsung menekan sejak menit awal.


"Saya tak bisa menjawab itu. Dan sebenarnya Indonesia merupakan tim yang sulit dikalahkan di kejuaraan ini. Jadi, kita lihat saya besok," balas Kiatisuk.

STRATEGI APA YANG AMPUH UNTUK INDONESIA?

Strategi ala mourinho ini, mungkin bisa digunakan oleh timnas Indonesia untuk menang dan juara, Mourinho seakan sedang membagi timnya dalam dua kubu, urusan lini belakang dan depan. Dua fullback dipaksa utuk meredam pergerakan ke sepertiga akhir. Hal ini membuat seakan ada garis batas di antara trio lini tengah.

Cara tersebut dapat dengan mudah melakukan transisi, terutama dari menyerang ke bertahan. Kedua sayap hanya tinggal berlari kembali ke belakang untuk menutup ruang gerak pemain sayap. Sedangkan sang striker bertugas untuk menjadi pemain bertahan pertama. Terlihat rapat dan seakan sedang "parkir bus". Akan banyak percobaan tembakan  yang berasal dari kotak penalti. Hal ini harus diatasi dengan membendung pergerakan pemain thailand di sayap, dan mengurangi pergerakan aktif dari dua fullback thailand.

Setiap pertandingan sepak bola, seorang pelatih klub tentu sudah menyiapkan strategi yang jitu untuk meraih hasil maksimal. Dalam hal ini, saya melihat, lini pertahanan menjadi kunci setiap kesuksesan.

Setiap pelatih tentu harus memiliki beberapa alternatif strategi untuk bisa membongkar pertahanan lawan. Apalagi untuk teknik “parkir bus” yang dinobatkan atas strategi sepak bola negatif ini.

Tak ada yang salah dengan teknik menumpuk pemain untuk mempertahankan daerahnya. Hanya saja bagaimana itu bisa dihancurkan Sejatinya, sepak bola itu adalah sebuah teka-teki yang harus diungkap. Tak akan ada sebuah kepastian mutlak untuk menegaskan siapa yang akan memenangi sebuah pertandingan sebelum peluit wasit berbunyi.

Teknik “parkir bus” adalah keindahan sepak bola dari sudut yang berbeda. Siapa yang sanggup membongkarnya? Dan tentu sepak bola tidak selalu berbicara tentang penguasaan bola dan kemenangan statistik lainnya. Hanya gol yang menegaskan bahwa siapa yang layak untuk memenangi pertandingan! Semoga menjadi pembelajaran bagi kita semua. (eli)
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Inilah Strategi Rahasia Timnas Indonesia, Sangat Ampuh Supaya Malam Ini Juara Piala AFF"

Posting Komentar